Sekolah Harus Cegah Siswa Coret Seragam

Sekolah Harus Cegah Siswa Coret Seragam

\"RIO-AKSI

BINTUHAN, BE - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dispenbud) Kaur, meminta pihak sekolah mencegah para siswa-siswi mencoret seragam sekolahnya dalam merayakan kelulusan ujian nasional (UN).  Sebaiknya siswa merayakan kelulusan sekolah dengan menggelar aksi sosial dan tidak melakukan konvoi serta corat-coret baju.

“Saya minta sekolah memberikan arahan kepada siswa agar siswanya tidak melakukan aksi coret-coretan dan sebaiknya melakukan aksi sosial,” kata Kepala Dispenbud Kaur M Daud Abdulah SPd melalui Sekretaris Dispenbud Kaur, Gunawarman SKom MMp, kemarin.

Dikatakannya, jelang pengumuman UN SMA pada 7 Mei mendatang, seyogyanya siswa mengekspresikan keberhasilan dengan hal-hal positif yang bermanfaat bagi orang lain.  Antara lain dengan tidak melakukan aksi corat-coret pakaian dan konvoi kendaraan di jalanan karena bisa merugikan diri sendiri. Lebih bermanfaat, jika pakaian dikumpulkan lalu diberikan kepada yang membutuhkannya.

“Budaya aksi corat-coret yang telah bertahun-tahun terjadi saat pengumuman kelulusan perlu dihilangkan karena tindakan tersebut tidak memberikan hal positif,” ujarnya.

Ditambahkannya, aksi perayaan kelulusan yang berlebihan jelas tidak sebanding dengan nilai pendidikan. Lebih dari itu, aksi corat coret seragam sekolah dan konvoi di jalanan juga bisa mengganggu kenyamanan masyarakat.

“Sebagai masyarakat yang terdidik, maka momentum kelulusan harus dimanfaatkan secara positif dan bersemangat manfaat. Mempersiapkan diri untuk masuk ke jenjang selanjutnya,” jelasnya.(618)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: